Jumat, 23 Mei 2014

CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT OTAK

CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT OTAK



Cara meningkatkan daya ingat otak anak anak atau pun orang dewasa memang penting terutama untuk kita yang sedang belajar atau bekerja. Daya ingat seseorang memang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, ada yang memiliki daya ingat tinggi ada yang rendah. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan daya pikir dan ingat otak secara alami dan cepat.

Berbagai studi mengenai cara meningkatkan daya ingat otak telah dilakukan di berbagai negara. Penelitian membuktikan bahwa otak yang terus dilatih akan memiliki potensi lebih besar dalam hal daya ingat dan kualitas kecerdasan.

Cara meningkatkan daya ingat dapat dilakukan dengan berbagai hal mudah dan menyenangkan. Tanpa konsumsi suplemen yang mengandung bahan kimia otak juga dapat kita latih, berikut adalah beberapa cara Melatih daya ingat otak.

- Bermain game yang melatih otak. Permainan sejenis ini antara lain yang berhubungan dengan teka teki, seperti sudoku dan teka teki silang.

- Tidur yang teratur dan cukup, tidur selain dapat mengatasi rasa lelah pada tubuh ternyata juga dapat mengembalikan fungsi otak kiri atau pun kanan manusia. Otak akan kembali segar dan dapat menampung memori yang lebih cepat dan banyak dibandingkan dengan orang yang kurang tidur.

- Mengunyah permen karet, permen karet umumnya digunakan untuk menghilangkan rasa cemas dan mungkin untuk gaya gayaan. Permen karet ternyata dapat meningkatkan memori audio atau pun visual pada saat anda berusaha mengingat hal tersebut.

- Menggunakan perangkat mnemonic, merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mempermudah mengorganisasikan dan mengingat berbagai hal dengan berbagai konsep. Contoh Pusat Blog Informasi dan Artikel Indonesia hanya disingat PBIAI atau Pekan Olahraga Nasional disingkat PON. Contoh lain adalah menghafal no telp 087382919931 mungkin di pisahkan menjadi 0873-8291-9931.

- Meditasi. Meditasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melatih otak agar dapat fokus dengan mudah. Penelitian menunjukkan bahwa seorang yang sering meditasi diganggu dengan berbagai suasana bising atau berisik, tidak mempengaruhi daya ingat mereka. Bahkan mereka dapat mengingat hampir sama dengan kondisi tenang.

- Istirahat yang cukup. Tubuh membutuhkan istirahat, begitu juga otak manusia yang membutuhkan ketenangan dan istirahat yang cukup agar dapat bekerja dengan maksimal.

- Konsumsi makanan sehat untuk otak. Sayuran hijau dan buah buahan merupakan salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk otak. Makanan ini dapat mengeluarkan dan mencegah radikal bebas yang ada di otak manusia.

- Visualisasikan apa yang anda pelajari. Salah satu cara belajar efektif yang dikenal ampuh dan cepat meningkatkan daya ingat. Caranya adalah menggambarkan atau menuliskan apa yang anda pelajari, misalkan anda belajar cara kerja jantung, agar anda dapat pemahaman yang cepat, gambarkan bagian jantung tersebut dan tulis fungsinya secara detil.

- Menceritakan atau mengajarkan materi yang anda ingat. Mungkin anda telah menyadari bahwa seorang guru akan semakin pintar walaupun ia membagi ilmunya. Memang salah satu cara meningkatkan daya ingat tentang suatu hal adalah dengan berbagi dan mengajarkannya pada seseorang.

- Hindari multi tasking, anda mungkin dapat mengingat dan mempelajari satu atau dua hal dengan mudah, namun sudah dipastikan anda tidak akan dapat mempelajari dan mengingat ratusan hal secara bersama sama. Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS) dalam mempelajari sesuatu.

- Menghindari Stress. Stress akan meningkatkan produksi hormon kortisol dan dapat mempengaruhi daya ingat seseorang.

- Melamun dan aktivitas tanpa arti. Tidak ada salahnya anda membahagiakan otak anda dengan melamun sejenak dan membiarkan otak berimajinasi. Hal ini akan dapat membantu kinerja otak dalam membantu daya ingat.

- Perut jangan kosong. Jika anda sedang berusaha belajar dan mengingat sesuatu, maka ada baiknya mengisi perut anda terlebih dahulu agar tidak kosong. Perut kosong akan sangat sulit meningkatkan konsentrasi apalagi dalam meningkatkan daya ingat.

- Sarapan pagi. Manfaat sarapan tidak hanya sebagai tenaga untuk beraktivitas di pagi hari, sarapan juga dapat membantu kinerja otak seharian dan meningkatkan daya tahan otak.

0 komentar:

Posting Komentar